Jumat, 26 April 2013

Badan Pesawat (Fuselage)

Pesawat terbang adalah suatu alat transportasi yang dirancang untuk memindahkan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lain. Pesawat terbang dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran tergantung pada misi pesawat. Pesawat ditampilkan pada slide ini adalah sebuah pesawat yang menggunakan turbin untuk menghasilkan tenaga yang telah dipilih sebagai pesawat representatif.

Badan pesawat, atau badan dari pesawat, adalah tabung berongga panjang yang memegang semua bagian dari pesawat bersama-sama. Badan pesawat dibuat berongga untuk mengurangi berat. Seperti kebanyakan bagian lain dari pesawat, bentuk dari badan pesawat biasanya ditentukan oleh misi pesawat. Sebuah pesawat tempur supersonik memiliki bentuk yang sangat ramping, badan pesawat dibuat ramping untuk mengurangi hambatan yang terkait dengan penerbangan kecepatan tinggi. Sebuah pesawat terbang yang besar memiliki badan pesawat yang lebih luas untuk membawa sejumlah maksimum penumpang. Pada sebuah pesawat terbang yang besar, pilot duduk di kokpit di depan badan pesawat. Sementara penumpang dan kargo ditempatkan di belakang pesawat dan bahan bakar biasanya disimpan di sayap. Untuk pesawat tempur, kokpit biasanya di atas badan pesawat, senjata diletakkan pada sayap, mesin dan bahan bakar ditempatkan di bagian belakang badan pesawat.

Berat pesawat didistribusikan sepanjang pesawat. Badan pesawat, bersama dengan penumpang dan kargo, menyumbangkan sebagian besar dari berat pesawat. Pusat gravitasi dari pesawat adalah lokasi rata-rata berat dan biasanya terletak di dalam badan pesawat. Dalam penerbangan, pesawat berputar di sekitar pusat gravitasi karena torsi yang dihasilkan oleh lift, kemudi, dan ailerons. Pesawat harus dirancang dengan kekuatan yang cukup untuk menahan torsi tersebut.
---------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar